enyhezrafam.com

Kebaya Merah dan Serba Serbi Kebaya

Post a Comment

Kebaya Merah Viral

Kebaya merah viral
Kebaya Merah
Belakangan ini kebaya merah menjadi sangat viral karena pemberitaan negatif tentang kasus pornografi. Sungguh disayangkan namun itulah pilihan, kita tidak bisa mengontrol aksi atau tindakan orang lain. Semoga kasus ini segera terselesaikan dan tidak memicu aksi yang sama namun beda warna seperti kebaya hijau, kebaya kuning, bahkan kebaya kelabu.
Ditulisan kali ini, saya tidak akan mengupas "kebaya merah" itu, namun ingin mengulas segala informasi tentang Kebaya Merah dan Serba Serbi Kebaya.

Sejarah Kebaya

Kebaya memiliki asal-usul yang menarik. Soal kebaya berasal dari bahasa Arab diterangkan oleh Denys Lombard. Ia merupakan seorang sejarawan yang menekuni budaya Jawa.

Ada juga yang mencatat bahwa kebaya diperkenalkan lewat bahasa Portugis. Saat bangsa Portugis mendarat di Asia Tenggara, kebaya merujuk pada pakaian atasan atau blus yang dikenakan wanita Indonesia abad ke-15 dan ke-16 Masehi.

Kemudian banyak yang berpendapat, kebaya berkaitan dengan pakaian tunik perempuan pada masa Dinasti Ming di China. Kebaya sampai ke Nusantara setelah terjadi migrasi besar-besaran dari China.

Pada masa penjajahan Belanda, Kebaya digunakan sebagai busana resmi wanita Eropa. Saat itu, kebaya hanya menggunakan bahan tenun mori.

Pada abad ke-19, kebaya menjadi pakaian sehari-hari bagi semua kelas sosial. Baik perempuan Jawa maupun peranakan Belanda.

Bahkan, kebaya sempat menjadi pakaian wajib perempuan Belanda yang berdatangan ke Hindia Belanda (Indonesia).

Selain itu, kebaya juga pernah mengalami kemerosotan status pada masa penjajahan Jepang. Waktu itu, kebaya diasosiasikan sebagai pakaian yang dikenakan oleh pribumi tahanan dan pekerja paksa perempuan.

Di masa kemerdekaan, kebaya dan kain batik menjadi simbol perjuangan dan nasionalisme. Nilai dan status kebaya kembali naik dan dijadikan sebagai busana di acara resmi maupun kenegaraan.

Kebaya memiliki makna memikat, menarik hati, indah dan mempesona. Terlepas dari sejarah naik turunnya pamor kebaya, perkembangan kebaya sangat bervariasi.

Kini, kebaya berkembang bukan hanya sebagai busana resmi. Banyak desainer yang melakukan terobosan dengan memadupadankan kebaya dengan bawahan, aksesori, maupun motif yang lebih kasual.

Kebaya juga tak melulu diasosiasikan sebagai busana ibu-ibu. Kebaya telah meluas penggunaannya hingga bagi para remaja juga.

Kebaya juga tidak terbatas warnanya. Ada kebaya merah, kebaya hijau dan lain-lain.

Pengertian Kebaya 

Kebaya menjadi salah satu jenis baju adat Jawa Tengah yang populer. Baju kebaya ini memiliki desain berbentuk blus sederhana berlengan panjang. Kebaya juga kerap dikenakan dalam upacara adat ataupun acara formal. Kebaya juga memiliki arti yakni merupakan busana atasan yang pertama kali dikenakan wanita Indonesia, terutama perempuan Jawa, yang digunakan bersama kain. Akan tetapi di akhir abad yang ke-19, design kebaya juga populer sebagai busana para perempuan Belanda yang membutuhkan pakaian yang cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Ciri - Ciri Model Kebaya

Sebagai peninggalan budaya yang kaya, kebaya memiliki potongan yang pakem atau standar. Ciri khasnya adalah bukaan depan dengan potongan simetris di sisi kiri maupun kanan dan memiliki lengan
Baju kebaya juga beda dengan baju kurung atau baju bodo. Perbedaan paling mendasar adalah adanya bukaan depan pada kebaya, yang jadi ciri khasnya pula.

Jenis-Jenis Kebaya di Indonesia

Dari waktu ke waktu, kebaya mengalami perkembangan mode maupun desain. Berbagai ragam ide dan kreativitas dituangkan oleh para perancang kebaya. Berikut jenis-jenis kebaya di Indonesia:

1. Kebaya Tradisional

Kebaya tradisional merupakan cikal bakal kebaya pada umumnya. Ada dua jenis model kebaya. Antara lain kebaya kartini dan kebaya kutu baru.

  • Model Kartini

Sesuai namanya, model kebaya ini kerap kita lihat pada dokumentasi sosok Ibu Kartini, pahlawan nasional Indonesia. Potongannya lebih sederhana dengan lipatan kerah vertikal hingga menutupi dada, memberikan siluet memanjang dan ramping bagi penggunanya.
Model Kebaya
Wanita Berkebaya

  • Model Kutubaru

Secara desain mirip dengan kebaya kartini namun dengan area leher yang lebih rendah dan terbuka. Terdapat tambahan kain kotak di bagian dadanya, yang awalnya merupakan kemben yang lebih banyak dipakai perempuan di masa lalu.

  • Model Noni/Nyonya

Busana model ini muncul karena besarnya pengaruh perempuan Belanda, yang dikenal dengan istilah noni, di masa kolonialisme. Ciri khasnya adalah renda yang dijahit di seputar leher, bukaan depan sampai melingkar ke bagian belakang. Biasanya juga terdapat renda yang menghiasi bagian ujung lengan dengan warna busana yang putih atau offwhite. Model dari daerah lain Kebaya dari banyak daerah dan suku lain juga memiliki ciri khas dan kelebihannya masing-masing. Misalnya kebaya Sunda dengan kerah tegak di belakang lehernya sedangkan kebaya Betawi yang cenderung memiliki warna cerah dan manset di ujung lengannya. Ada juga kebaya dari Ambon dengan manset namun berwarna putih, kebaya Basiba dari Minang yang panjang menjuntai hingga menutupi lutut dan kebaya Bali dengan potongan kutubaru tanpa lengan dan selendang di pinggang.

Kedua kebaya ini yang pada akhirnya berkembang menjadi kebaya-kebaya lain. Seperti kebaya encim dan kebaya modern.

2. Kebaya Encim

Dari namanya saja sudah menunjukkan adanya budaya China dalam kebaya tersebut. Sebab, encim merupakan sebutan bagi wanita paruh baya China. Potongannya dipengaruhi tradisi perempuan peranakan Tionghoa dengan aksen di bagian leher. Biasanya jenis kebaya ini memiliki warna cerah dengan bordir di badan bagian depan serta ujung lengan.

Kebaya ini berbahan dasar kain yang cukup halus dengan sentuhan border, payet dan pelipit yang menghiasi salah satu bagiannya. Kebaya jenis ini banyak digunakan perempuan etnis China.

3. Kebaya Modern
Kebaya merah modern
Kebaya Merah Modern
Sesuai dengan namanya, kebaya modern merupakan kebaya dengan sentuhan yang lebih modern. Bentuk serta pola sudah tidak mutlak seperti kebaya asli.

Sudah terdapat perubahan pada beberapa bagian kebaya. Termasuk dalam hal hiasan, bahan, corak, dan mode mulai mengikuti tren yang ada.

Salah satu yang termasuk dalam kebaya modern adalah kebaya modifikasi. Banyak perancang busana tradisional yang menggunakan kebaya modifikasi.


Eny Hezrafam Shea
I'd like to learning every positive thing. Always curious with the new one. And wanna be better day by day. Trying to be the best wife, mom, child, friend and all relation I have.

Related Posts

Post a Comment