enyhezrafam.com

10 Kata - Kata Bijak Untuk Diri Sendiri

Post a Comment

Menjaga Pikiran Positif

Supaya kita tetap bersemangat dan menjaga pikiran agar tetap positif, kita bisa membaca kata-kata bijak kehidupan untuk diri kita sendiri. Karena setiap orang pastinya mempunyai tujuan hidupnya masing-masing. Seperti keinginan untuk memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik dan sebagainya.

Untuk hal itu, kitapun berlomba-lomba untuk meraih apa yang disebut dengan kesuksesan, kebahagiaan, hingga kekayaan demi mencapai taraf kehidupan yang kita inginkan.

Setelah bekerja keras dan bersusah-payah dalam bekerja dan berusaha, suatu saat pasti kita akan merasakan yang namanya kejenuhan, kebosanan, kegalauan, insecure, down, dan perasaan - perasaan tidak menyenangkan lainnya.

Apalagi jika usaha kita mengalami kegagalan yang justru akan membawa perasaan sedih yang luar biasa, hal inilah yang membuat hidup kita seperti jalan di tempat.
Perasaan tersebut bisa saja mendorong kita untuk membandingkan hidup dengan orang lain dan pada akhirnya membuat kita kurang bersyukur.

Dengan adanya kata-kata bijak yang disampaikan oleh para motivator, biasanya bisa jadi penyemangat kita untuk bisa bangkit kembali, dan terbebas dari ketidak nyamanan pikiran kita. Kumpulan kata-kata bijak berikut ini, mungkin bisa dijadikan nasehat atas keadaan yang terjadi pada kita.

Kata - Kata Bijak Untuk Diri Sendiri


1. Jika Merasa Malu / Rendah Diri Karena Status Pekerjaan


"Di awal masa perjuangan, kita tidak perlu malu melakukan pekerjaan yang terasa "rendah" di mata orang lain. Diri kita perlu dilatih dari tahap nol. Mental kita perlu dibentuk dari situasi yang sangat menguji ketabahan. Itu modal dasar yang sangat penting agar seseorang tumbuh berkembang dengan kepribadian yang tangguh." (Merry Riana)


cara menghilangkan rasa malu dan takut

Banyak orang yang gengsi, dan seringkali ada yang tidak jujur ketika ditanya tentang status pekerjaannya. Ada yang merasa malu dan menyembunyikan kebenarannya. Padahal perlu kita ketahui, bahwa sebuah pekerjaan sekarang kita geluti, banyak yang tidak bisa menjamin masa depan. Dan sangat perlu kita yakini bahwa sebenarnya jalan rejeki itu luas dan bisa datang darimana saja, tak hanya dari sumber pekerjaan.

Apapun pekerjaan itu selama niat kita besar untuk bekerja, dan asal halal, lakukan sajalah! Jangan malu!

Karena pemikiran di atas, sekarang banyak orang menganggur hanya karena terlalu memilih-milih pekerjaan, merasa tidak cocok dan pantas, merasa tidak sesuai dengan titel dan pendidikan dan berbagai macam alasan lainnya. 

Ingat semua orang di dunia ini berkompetisi, kita di dunia sedang bersaing, jangan berhenti hanya karena alasan gengsi! Kerjakan pekerjaan apapun yang dipercayakan pada kita, asal tidak melanggar hukum dan agama.

Rejeki setiap orang sudah ada yang atur. Nasib setiap orang sudah ditentukan. Jalani saja hidup kita dengan bekerja, karena kita tidak tahu esok atau lusa mungkin Tuhan akan mengangkat derajat kita.

Malulah ketika kamu terus-terus mengeluh tanpa mau berusaha sedikitpun. Kesuksesan tidak akan dapat diraih jika kita hanya mengeluh tanpa mau berbuat. (Kevin Supriadi).

2. Jika Hidup Terasa Berat

"Berjanjilah pada dirimu sendiri. Tak peduli seberapa berat yang kau jalani, kau tak akan menyerah pada mimpimu".


kata bijak tentang kesulitan hidup

Semua ujian hidup, cobaan, dan masalah yang kita hadapi ini adalah yang terbaik untuk kita. Bisa jadi segala permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini nantinya akan memberikan hikmah yang luar biasa. Dan dengan permasalahan itu, bisa membantu kita "naik kelas" menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Tetap usahakan yang terbaik, jangan menyerah! Maksimalkan upaya yang bisa dilakukan. Untuk urusan hasil biarlah Allah yang menentukan. Tetaplah berjuang untuk wujudkan mimpi!


3. Tak Perlu Balas Dendam

"Balaslah keburukan dengan kebaikan" (Katabijaksingkat.com)


Allah akan membalas perbuatan jahat

Apapun keburukan yang kita terima dari sikap seseorang, tak perlu kita balas. Mengapa? karena Allah SWT sendiri yang memerintahkan hamba-Nya agar tidak membalas orang yang telah berbuat jahat terhadap kita. 
Kita tidak tahu alasan seseorang yang berbuat jahat kepada kita,namun apapun alasannya, yang boleh kita lakukan adalah membalas kejahatannya dengan berbuat baik kepadanya.

Memang sakit, memang nyesek rasanya, jika kita dijahatin, atau diperlakukan buruk oleh orang lain, tapi inilah perintah Allah agar kita membalas kejahatan dengan kebaikan. Perintah itu ada di dalam surat Al-Fushilat ayat 34 yang yang artinya: "Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia."

"Jika kita membalas kejahatan dengan kebaikan maka musuhmu akan menjadi seperti temanmu." Demikian tutur Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas Al-Qur'an Universitas Islam Madinah dalam tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah/Markaz Ta'dzhim.

Tapi jika kebaikan kita tetap tidak bisa mengubahnya, lebih baik kita menjauh darinya, agar kita tak lagi dijahati dan terhindar dari keburukan yang lain. Dan yang terpenting tetap berdoa kepada Allah agar dihindarkan dari segala keburukan makhlukNya.

4. Ketika Hilang Harapan

"Hadapi segala rintangan, dan jangan pernah hilang harapan. Disitulah kamu memiliki masa depan" (Merry Riana)

harapan quotes

Apa yang kita harapkan, apa yang kita inginkan, dan apa yang kita impikan, tak selamanya akan terwujud atau menjadi nyata. Saat kita merasa segalanya tak sejalan dengan harapan, sebisa mungkin cobalah untuk tidak putus asa dan tetap optimistis.

Saat kita putus asa, maka rasa pesimistis akan timbul. Pesimistis pada akhirnya akan menjadi penyebab stres berat, hingga bisa memicu depresi hingga keinginan untuk mengakhiri hidup. Depresi adalah suatu keadaan terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood seseorang. Kondisi ini mengakibatkan gangguan dalam aktivitas kita sehari-hari, bahkan kita akan kehilangan fungsi sebagai individu.

Bagaimana pun juga, dan apapun yang terjadi, kita tetap harus bersemangat dalam hidup dan cobalah untuk tetap melihat aspek positif dalam kehidupan. Syukuri nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

5. Ketika Menemui Jalan Buntu, Jangan Menyerah, Tetap Berjuang!

"Kamu harus berproses, kamu harus berjuang, kamu harus berusaha, ketika jalan yang kamu lalui terasa susah, kamu tidak boleh menyerah." (Merry Riana)

 
manusia itu berproses

Perlakuan dunia kepada kita, terkadang membuat kita merasa begitu lelah. Mereka seperti mempermainkan kita. Rasanya ingin sekali menjauh dari dari hiruk pikuk problematika. Ingin pergi mencari ketenangan, mencari tempat hanya untuk sekedar beristirahat. Untuk self healing begitulah istilah yang lagi viral saat ini. 

Tapi apakah dengan menghindari masalah, segalanyaakan  menjadi lebih baik? Tentu saja tidak. Sebaliknya ketika kita berusaha menghindari sebuah masalah, masalah itu akan menjadi lebih besar bahkan bisa menimbulkan masalah yang lainnya.

Yang bisa kita lakukan adalah tetap menikmati proses, tidak berhenti berjuang, dan hadapi dengan tenang. Masalah akan segera selesai, meskipun bagaimanapun sulitnya jika kita berani mengambil langkah untuk menghadapinya. 

Jangan biarkan kita dikendalikan oleh rasa takut, kita semua memiliki ketakutan, tapi jangan biarkan rasa takut itu tumbuh lebih besar daripada rasa keyakinan kita terhadap dirimu sendiri.

Ingat adanya The Law of Attraction atau hukum tarik menarik, apapun yang kita pikirkan itu yang akan dunia berikan kepada kita. Jadi, kita harus mampu mengendalikan pikiran kita, jangan biarkan pikiran mengendalikan diri kita. Pikirkanlah hanya hal-hal yang positif, sehingga kita akan terhindar dari segala sesuatu yang berbau negatif.

Tetap lakukan yang terbaik, tetap berjuang, jangan menyerah, jika jalan kita terasa susah, solusi terbaiknya adalah senantiasa berdoa, meminta pertolongan kepada Allah, dan sebenarnya tempat healing terbaik adalah di kamar kita sendiri yaitu di atas sajadah.

6. Ketika Orang Lain Mengganggu Kebahagiaan

"......sebab hidup terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan apa yang membuat kita bahagia" (Ernest Prakasa)


Untuk merasa bahagia adalah sebuah pilihan kita, bukan orang lain. Kita yang memutuskan apakah mau merasakan senang atau sedih. Semua itu berada di tangan kita masing-masing. Tergantung dari cara kita memandang dan  menyikapi situasi apa yang terjadi dalam kehidupan.

Kebahagiaan datang melalui banyak hal. Dan kebahagiaan itu tidak hanya berupa materi yang kita dapatkan. Kebahagiaan bisa juga berupa perhatian, mempunyai keluarga, dan banyak teman yang baik juga merupakan sumber kebahagiaan. 

Tapi jika kebahagiaan kita terganggu karena oleh ulah orang lain? Apa yang harus kita lakukan?
Tetaplah bersikap tenang, buatlah keputusan yang bijak, dan berbuat baiklah kepada orang lain itu. Ketiga hal ini juga dapat membantu kita untuk terus merasa bahagia.

Bahagia itu bisa kita upayakan, tak perlu terlalu keras untuk mendapatkan kebahagiaan, karena justru hal itu akan membuat kita bersedih dan putus asa. 

Sebaiknya cobalah untuk lebih santai. Luangkan waktu dan hargai hidup yang kamu miliki saat ini. Tanpa disadari, kebahagiaan akan datang sendiri tanpa perlu usaha yang terlalu keras.
Dan abaikan sikap, ucapan, tindakan orang lain yang membuat kita tidak bahagia. Sebab hidup terlalu singkat jika digunakan untuk meratapi itu semua.

7. Ketika Merasa Insecure Dan Merasa Lemah

"Kelebihanmu akan membawa manfaat bagi orang lain. Tak ada gunanya berfokus pada kelemahan diri."


kekurangan dan kelebihan diri

Orang yang selalu fokus pada keleahan dirinya, maka dapat dipastikan orang tersebut akan sulit berkembang bahkan tidak bisa berkembang. 
Karena di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti mempunyai kekurangan masing-masing. 
Jika kita hanya memikirkan kekurangan yangbada pada diri kita, maka waktu dan pikiran kita akan habis tersita juntukmhal tidak penting ini. Orang yang fokus memikirkan kelemahan dirinya akan menjadi pasif dan tidak produktif, akan menjadi pribadi yang minder.

Padahal sebenarnyan banyak kemampuan positif yang kita punya dan bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Jika kelemahan ada pada fisik, maka lihatlah sekitar dan sekeliling. Banyak orang yang tidak sempurna, tetapi masih bisa menjalani kehidupan dengan baik. Mereka mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan bisa memenuhi kebutuhannya meski dalam kondisi terbatas.

Tidak mudah memang. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Coba perlahan belajar menerobos benteng kekurangan diri yang terus menerus menjulang itu menjadi tantangan untuk menunjukkan prestasi.

Abaikan kelemahan kita, dan fokus pada kelebihan kita, perbaiki mindset dan selalu mengasah kemampuan kita agar bisa memberikan manfaat kepada orang lain.


8. Ketika Mengeluh Dengan Pekerjaan

"Ketika kamu mengeluh karena merasa terbebani dengan  tugas-tugasmu. Ingatlah banyak pengangguran diluar sana yang sangat berharap punya pekerjaan seperti kamu". (Merry Riana)


jangan mengeluh kerja

Merasa lelah dan capek saat melakukan pekerjaan yang tiada hentinya adalah hal yang wajar. Namun kita harus yakin bahwa lelah, letih, capek kita suatu saat nanti akan terbayar, impian kita akan terwujud, kita juga akan mendapatkan kebahagiaan atas jerih payah kita.

Mengeluh boleh, tapi berhenti untuk melakukan tugas jangan! Karena masih banyak orang diluar sana yang merindukan pekerjaan yang kita keluhkan saat ini. Selalu bersyukur dan jangan sia-siakan kesempatan yang kita dapatkan setelah mendapatkan pekerjaan.

9. Selalu Ada Kesempatan Dibalik Kegagalan

"Hanya orang optimis yang akan bisa melihat bahwa ada kesempatan di balik kegagalan." (Merry Riana)


optimis

Kesuksesan bukanlah sebuah akhir, dan kegagalan bukan hal yang fatal, itu adalah keberanian untuk melanjutkan apa yang penting - Winston Churchill.

Sukses bukanlah sebuah tujuan akhir yang harus kita capai. Kesuksesan menurut manusia yang satu dengan yang lain juga berbeda. Manusia juga tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapainya. 

Kita bisa meraih kesuksesan menurut versi kita. Untuk mencapai kesuksesan ini mungkin akan menemui kegagalan berkali-kali, namun kita masih bisa bangkit dari kegagalan usaha. Mumpung masih ada kesempatan, ambil peluang dan raih kesuksesan.


10. Ketika Ingin Sukses

"Tidak ada rahasia untuk menjadi orang sukses. Mereka hanya mempersiapkan segalanya, bekerja keras, dan selalu menyediakan waktu untuk mempelajari kegagalan mereka sendiri."


kunci sukses

Tidak ada sukses yang kebetulan, sukses itu direncanakan. Jika kita ingin mendapatkan kesuksesan, maka stop mager, stop baper, mulailah untuk bekerja keras. Kita bisa mempelajari terlebih dahulu tentang serba-serbi bisnis dan tips atasi kegagalan.

Sekian kata-kata bijak untuk diri sendiri, yang bisa kita jadikan nasehat saat hidup kita mengalami down, sedih dan hilang semangat. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. 

Eny Hezrafam Shea
I'd like to learning every positive thing. Always curious with the new one. And wanna be better day by day. Trying to be the best wife, mom, child, friend and all relation I have.

Related Posts

Post a Comment