enyhezrafam.com

Bangkit Dari Kegagalan Usaha

9 comments

Gagal atau bangkrut adalah resiko dari setiap usaha.

Hal ini sudah biasa dihadapi oleh para pengusaha. Seperti kata seorang pengusaha sekaligus mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, " Untuk menjadi pengusaha itu harus merasakan kebangkrutan".

Mengapa begitu? Seperti sebuah titik balik, kadang kegagalan atau kebangkrutan adalah bahan bakar yang paling ampuh untuk menempa seorang pengusaha menjadi lebih kuat. 

Ketika kita membuka usaha dan gagal, kita akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu menyerah dan membuang impian-impian untuk sukses atau bangkit kembali dan meraih kesuksesan yang lebih dari sebelumnya. Lantas, apakah bisa bangkit dari kegagalan usaha? Pasti bisa, simak cerita penulis disini yuk...

cara untuk bangkit dari kegagalan usaha
Bangkit Dari Kegagalan Usaha


Bangkit Dari Kegagalan Usaha? Apa Yang Kita Lakukan?

Jika kita ingin memulai usaha kembali, jangan terlalu banyak mikir. Karena akibatnya kita nggak akan jalan. Tapi lihatlah bukti sukses para pengusaha. Apakah mereka menyerah ? Apakah mereka tidak melakukan apa-apa setelah bangkrut/ gagal? Atau sebaliknya, mereka kembali berjuang?

Jika mereka saja bisa bangkit, inshaAllah kita juga bisa kembali berjuang. 

Lalu langkah awal apa yang harus kita lakukan?

Tentukan ide usaha baru

Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat.

Dengan memilih  bisnis yang kita sukai, mungkin akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis tersebut. Karena semua akan dilakukan dengan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. 

Ciptakan kembali visi dan misi usaha

Buatlah kembali visi dan misi usaha yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang akan dibangun.

Perbaiki

Perbaiki usaha yang menjadi penyebab kegagalan, lalu lakukan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

Selalu belajar dan lakukan pengamatan

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama. Amati juga strategi manajemen yang mereka gunakan. Selalu belajar dan upgrade ilmu kita dalam usaha.

Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan, perdalam semua hal yang berhubungan dengan usaha yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.


Jika Kegagalan Kita Ditertawakan Atau Diejek?

Ketika kita mengalami kegagalan dan ada orang yang mengejek dan menertawakan, jangan lantas putus asa. Karena sebenarnya itu adalah tanda bahwa kita akan sukses. 

Orang-orang sukses, awalnya juga dipandang sebelah mata akibat kegagalan usaha, mereka juga ditertawakan dan diejek. Jadi jika hal itu terjadi pada kita, itu artinya kita juga sama dengan mereka. Yakinlah, kita akan menjadi orang sukses selanjutnya.. aamiin.. 

Hadapi hambatan dan kegagalan yang terjadi

Sadarilah, membangun sebuah bisnis dari awal hingga sukses tidaklah mudah. 
Hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. 
Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan, serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. 

Bahkan tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak sekalipun, kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. 

Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan bisnis tersebut, karena akan menguatkan mental bisnis kita, dan menambah kemampuan kita dalam membangun bisnis.

Bangkit Dari Kegagalan Usaha, Bisa! Begini Caranya!


Cari sebab dari kegagalan yang kita alami. 

Dengan cara tersebut, kita akan tahu penyebab kegagalan bisnis kita.

Kegagalan dalam sebuah usaha dapat terjadi dengan berbagai faktor, seperti faktor internal dan eksternal. 
Faktor internal berasal dari dalam usaha kita, jika faktor eksternal merupakan aktivitas yang berasal dari luar kendali kita.


Buat list sebab akibat kegagalan

Untuk mempermudah proses evaluasi, kita dapat membuat list sebab akibat dari kegagalan bisnis kita berdasarkan skala prioritas sehingga kita akan mudah menyelesaikannya kelak.


Buat skala prioritas

Setelah memiliki list dari kegagalan–kegagalan perusahaan kita, selanjutnya kita dapat mengatasi masalah tersebut sesuai dengan skala prioritas. 
Skala prioritas merupakan hal yang penting dalam pembuatan list evaluasi ini dan dikerjakan dengan pikiran yang netral.

Jadi, jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis yaa.. karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda.


Sekedar sharing ya...penulis sendiri juga pernah berkali-kali gagal dalam menjalankan bisnis. 

Berikut pengalaman bisnis yang pernah penulis geluti.


1. Bimbel Utsukushii

Awal memulai bisnis bimbel, karena penulis sesuaikan dengan background pekerjaan yang sedang dijalankan saat itu, yaitu sebagai guru. Selain mengajar di sebuah sekolah sebagai guru kelas dan guru extra berbagai sekolah, penulis juga membuka bimbingan belajar sederhana dirumah. 



Kunjungan Jill Gladys ke sekolah-sekolah untuk edukasi
Saat Berprofesi Sebagai Guru | Kunjungan Jill Gladys Ke Sekolah Untuk Edukasi


Alhamdulillaah dibantu dengan 5 (lima) teman pengajar. Bisnis ini sukses pada tahun 2005 - 2010. 
Namun tidak bisa berlanjut karena satu per satu tenaga pengajar resign karena hamil dan melahirkan. Penulis juga kerepotan dan kekurangan waktu untuk mengasuh 3 bocil-bocil yang mulai aktif dalam tumbuh kembang mereka. Sehingga tidak mampu menghandle semua murid bimbel.

Bisnis & Impian Kunci Menuju Sukses _ Bimbel Utsukushii
Bimbel Utsukushii


2. Toko Kelontong & Suplier Es Krim

Bisnis toko kelontong ini juga gagal. Seperti yang kita ketahui, kota Hiroshima hancur karena BOM, sedangkan Toko Kelontong hancur karena BON, hehe...


Toko Kelontong dan PPOB Hezrafam Multi Payment
Tahun 2013 - Toko Kelontong Utsukushii

Untuk bisnis es krim juga alhamdulillaah berjalan, setiap hari kami mengirim ke sekolah-sekolah dengan total kurang lebih 1000pcs. Semua kegiatan dari proses pembuatan, pengemasan, pengiriman, dll kami berdua yang menangani karena belum sanggup membayar tenaga karyawan. Dan waktupun terus berjalan, keuntungan memang kami dapatkan, tapi kesehatan kami yang terancam karena tidak punya waktu untuk istirahat. Akhirnya kamipun menyerah.. 😟

Hezra Es Krim Aneka Varian Rasa
Hezra Ice Cream

3. Toko Baju Hezrafam Busana

Bisnis ini sebenarnya bisa berkembang, namun yang namanya fashion selalu mengikuti trend terbaru. Sedangkan untuk mengupdate stok juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Dan seperti biasa, banyak pembeli yang berhutang juga, akhirnya bisnis terhenti karena perputaran uangnya mandeg..





4. Penjualan Pulsa & PPOB Hezrafam Payment

Bisnis ini juga menguntungkan waktu itu, belum banyak kios penjualan pulsa. PPOB atau bisnis layanan untuk leasing dan pembayaran-pembayaran lainnya seperti listrik, pam, dll juga belum banyak.

 
Namun dengan perkembangan jaman, sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan mobile banking untuk melakukan berbagai pembayaran. 

Gerai minimarket seperti indomaret, alfamart, dan kantor layanan leasing lainnya juga membuka pelayanan pembayaran. 

Konsumen bisa membeli pulsa di gerai tersebut, bahkan mereka juga bisa menggunakan layanan i-banking, untuk melakukan pembayaran apapun, kapanpun, dimanapun, dan tidak perlu keluar rumah.  

Dengan demikian, kios PPOB kami sudah berkurang banyak konsumennya, adapun konsumen yang datang, biasanya para tetangga yang minta ditalangin dulu bayar listriknya, bayarnya kemudian.. auto rugi bandar ya teman-teman..😅

Untuk penjualan pulsa gimana? tutup juga akhirnya..karena modal habis dihutangin konsumen, minta pulsa hari ini via whats app atau telepon, seminggu kemudian baru bayar, tak hanya satu orang, tapi lebih dari beberapa orang. Sudahlah, gulung tikar juga akhirnya karena harus suntik modal terus.. 😌

Hutang piutang dalam bisnis pasti terjadi. Mungkin untuk pengusaha yang modal bisnisnya besar, bisa menghandle masalah ini. Sedangkan pengusaha kecil dan menengah yang bisnisnya tergantung dari hasil penjualan, lama kelamaan pasti akan tutup bisnisnya jika masalah hutang piutang tidak bisa diselesaikan. 

Jika modal habis karena banyak yang berhutang, pastinya keuangan menjadi tidak sehat. 
Jika managemen keuangan berantakan dapat dipastikan bisnis akan mengalami kegagalan.

Bisnis Pembayaran Online Hezrafam Payment
Hezrafam Payment

5. Club Hezrafam

Bisnis ini alhamdulillaah masih berjalan sampai sekarang. Dalam bisnis ini, penulis berperan sebagai owner sekaligus konsultan dan karyawan. Bisnis ini bergerak dalam program pelayanan pengelolaan berat badan. Program yang ditawarkan menggunakan support nutrisi dari PT. Herbalife Indonesia.






6. Sanggar Senam Hezrafam

Untuk pelayanan konsultasi program yang sehat saja tidak cukup untuk mereka yang mempunyai masalah kelebihan berat badan. Untuk itu mereka harus aktif juga seperti berolahraga. Dengan tujuan tersebutlah sanggar ini berdiri. Namun karena masalah pandemi yang belum selesai hingga saat ini, maka sanggar senam dinonaktifkan hingga waktu yang belum ditentukan. 





7. Utsukushii Coffee

Seperti yang sekarang ini masih menjadi trend adalah kedai kopi. Kebetulan penulis mempunyai anak gadis yang hobi ngafe. Dengan alasan inilah, akhirnya kami buatkan kafe sendiri. 


Konsepnya adalah kafe take away. Penjualan bisa dengan offline atau online via ojek online, seperti shopee food, grab food, dan gofood. 
Dengan konsep ini, tidak memerlukan space yang besar. 

Tujuan utama memulai bisnis ini adalah untuk mengurangi jadwal main/nongki di kafe sana - sini, lebih hemat uang jajan, karena bisa membuat minuman sendiri, yang terpenting adalah bisa mengajarkan cara berbisnis untuk putri kami.


kafe utsukushii coffee & more, bisnis kedai kopi kekinian dengan desain minimalis
Utsukushii Coffee & More


Ikhtiar, Doa, Dan Cari Peluang


Ikhtiar dan doa itu wajib

Karena soal rezeki itu hak prerogatif Allah, suka-sukanya Allah. Meskipun ikhtiar dan doa itu sifatnya juga wajib. Bahkan banyak yang kerja keras tapi rejekinya biasa-biasa aja. Sedangkan yang kerjanya biasa aja, kemudian asyik, eh rejekinya mengalir deras, bisa memperoleh jutaan, ratusan juta bahkan milyaran.


Berpikir positif adalah mindset utama untuk mengatasi kegagalan dalam usaha.
Janganlah berpikir negatif apalagi menyalahkan diri sendiri dan kondisi. 
Jika hal tersebut terus berlangsung, kemungkinan akan menjadi penyebab stres.
Tetap berihktiar dan berdoa adalah salah satu solusinya.


Pandai mencari peluang.

Mencari peluang disini memiliki dua arti. Yaitu mencari peluang penyelesaian permasalahan, dan yang kedua adalah mencari peluang untuk berkembang ke arah yang lebih baik. 

Meski begitu, jenis–jenis peluang tersebut merupakan satu kesatuan, di mana peluang untuk berkembang ke arah yang lebih baik, bisa didapatkan ketika kita mendapatkan peluang, untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Jodoh Dalam Usaha

Setiap usaha atau bisnis itu ada jodohnya, jadi belum tentu cocok untuk semua orang. 

Jangan menyerah dan jangan pernah takut gagal juga yaa...seperti pengalaman bisnis yang penulis sharingkan di atas. Beberapa kali gagal bukan? 

Tapi penulis tetap menggali impian untuk sukses, dan memperbesar impian tersebut. Sehingga bisa bangkit kembali setelah jatuh berkali-kali. Masih ingat kalimat ini, kegagalan adalah  kesuksesan yang tertunda. Jadi, tetap syemangat yaa... :-)

Oya, jika teman-teman ada yang suka main hape, pikirannya terbuka, mau belajar, kemudian punya cita-cita tinggi, seperti ingin mengumrohkan atau menghajikan orang tua, ingin membelikan rumah dan mobil untuk pribadi/keluarganya, atau ingin melunasi hutang-hutangnya, dan ingin punya rezeki jutaan bahkan milyaran. Mungkin Peluang Bisnis ini cocok untuk teman-teman.


Jangan Menyerah!

Bagaimana teman-teman? Sudah memutuskan untuk usaha kembali? Ingat ya, jangan menyerah jika mengalami kegagalan.

Semoga pengalaman gagal usaha yang penulis ceritakan di atas, bisa dijadikan pelajaran. 

Dan semoga usaha yang hendak atau yang sedang kita jalankan saat ini, segera membuahkan kesuksesan. 

Dan hasil kesuksesan itu bisa membuat mimpi kita terwujud. Sebagai contoh impian penulis adalah bisa wukuf di Padang Arafah, menunaikan ibadah haji dan melaksanakan rukun islam ke lima bersama orang tua dan keluarga disana. Bismillaah, semoga Allah segera ijabah..Aamiin.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang terpuruk, dan ingin bangkit dari kegagalan usaha. Jangan takut, pasti bisaa bangkit kembali. Terima kasih sudah berkunjung, yang mau sharing bisa tulis di kolom komentar ya. Tetap Syemangaat... dan Salam Sukses... 😉


Eny Hezrafam Shea

Eny Hezrafam Shea
I'd like to learning every positive thing. Always curious with the new one. And wanna be better day by day. Trying to be the best wife, mom, child, friend and all relation I have.

Related Posts

9 comments

  1. Masyaa allah pelajaran luar biasa dari mba enny yang pantang menyerah bangun bisnis.
    Memang bisnis itu ada jodohnya ya mba.. Yah penting ditekuni dan jangan nyerah.

    Saya pernah dapet celotehan orang lain juga tentang bisnis. Bisnis itu satu satunya pekerjaan yang disitu kita bener2 bergantung banget sama pertolongan Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mb okta...tekun dan pantang menyerah..baik dalam bisnis atau dalam bidang apapun sangat diperlukan.

      Yang terpenting jaga fokus saat kita dalam bisnis tersebut. Satu-satu jalani, gagal perbaiki, gagal lagi cari peluang yang lain lagi..

      Berikan waktu minimal 5 (lima) tahun.. atau sesuai target masing-masing..mau berapa lama target suksesnya..

      Betul mb .. pertolongan Allah benar-benar kita butuhkan dalam setiap usaha kita..tanpa Allah kita bukan apa-apa dan bingung harus bagaimana..

      Delete
  2. MasyaAlloh, banyak ilmu bisnis yang bisa dipelajari disini, dan MasyaAlloh juga perjuangan mba eny. Semoga bisnisnya selalu lancar dan berkah yaa mba, dan doakan semoga q juga bisa menyusul sukses, hihihi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin..aamiin mb etha...jazakillah khoir ...pokoknya segera habiskan jatah gagal kita..biar secepatnya sampai ke tahap sukses... bismillaah..yokk bisa yokk... :-)

      Delete
  3. Keren bangeeet emang ibuk satu ini, ngefans aku tu... jadi pengen ngopi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaah, hayukk monggo merapaatt sayyy...

      Delete
  4. Www...emak emak setrong, udah menyelami banyak bisnis ,semangat Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk para emak strong, syemangaatt..syemangaaatt...

      Delete
  5. Akan buruk untuk menyimpan ini untuk diriku sendiri. Saya menemukan ahli biner terbaik Crypto yang sangat membantu saya untuk berinvestasi, dia sangat jujur dan rajin dalam pekerjaannya. Yang saya lakukan hanyalah berinvestasi dan dalam 5 hari dia menghasilkan $15.000 untuk saya. Hubungi dia melalui email: meduardabernardo132@gmail.com, WhatsApp:+17205262152

    ReplyDelete

Post a Comment